monitor

2. Cangkok Fly back
Jika cara pertama tidak berhasil maka kita harus melakukan pen-cangkokan fly back. Itu klo kita tidak berhasil menemukan fly back dengan seri dan tipe yang sama.
bentuk trafo fly back
Peralatan dan bahan yang nt butuhkan diantaranya;
solder, timah secukupnya, kabel tunggal (NYAF) +/- 60 cm, tang lancip, cutter, isolasi, lem besi dan flyback cangkok (sembarang/terserah anda).
Untuk perhatian agar tidak langsung menyentuh bagian kop flyback yang menuju tabung CRT karena masih menyimpan muatan listrik,untuk membuang muatan listriknya lakukan hubung singkat (short circuit) dengan Ground melalui perantara kabelCaranya: ambil kabel 0,5 m kupas lilitkan ke obeng -, ujung satunya hubungkan ke kabel degaussing monitor.Setelah itu buka kop kabel fly back dengan obeng - sentuhkan obeng ke inti kabel, jika fly back masih menyimpan arus listrik maka akan keluar percikan api ketika obeng menyentuh inti kabel.
Lepas kop fly-back dari tabung CRT kemudian lepas pula kabel (yg biasanya berwarna merah) dari kopnya, intinya kita akan memasukkan dua buah kabel (warna merah – dari 2 buah fly-back) ke dalam satu kop. Untuk persiapan pada fly-back cangkok, hubung singkatkan semua kaki-kaki flyback dengan kabel dan disolder kemudian berikan kabel penghubung untuk nantinya disambung ke Ground monitor.
Karena kita akan memasukkan 2 buah kabel ke dalam satu kop maka lakukan pengecilan diameter isolasi kabel fly-back dengan mengirisnya sedikit demi sedikit dengan cutter(hingga lapisan pertama), ini dilakukan supaya 2 buah kabel tsb bisa masuk ke dalam satu kop. Peralatan yang anda bisa gunakan untuk langkah ini ialah menggunakan tang lancip, tang potong, cutter dan solder.
Gunakan kreatifitas dan inisiatif anda didalam mempraktekkan langkah2 diatas, karena tidak ada cara yg baku untuk kasus ini, sehingga keterampilan anda akan terlatih untuk berkembang. Anda bisa meng-Isolasi hasil penggabungan 2 buah kabel yang dimasukkan ke dalam satu kop untuk keamanan, mengingat akan dialiri oleh tegangan yg cukup tinggi.
Selanjutnya, sambungkan kabel penghubung dari kaki-kaki flyback untuk ground yang sebelumnya telah dipersiapkan menggunakan solder.
Posisikan flyback tambahan (cangkok) dengan aman di jeroan monitor dan bila perlu diperkuat dengan kabel ties.
Lepas 2 buah kabel yang menjulur dari flyback (asli) ke Blok RGB (biasanya bernama ”Screen” dan ”Focus”), kemudian digantikan dengan milik fly-back hasil cangkok.
Letak perbedaan 2 kabel ini (screen dan focus) ialah pada ukuran diameter kabel, dimana salah satunya lebih besar untuk menunjukkan perbedaaanya.
Anda bisa mengisolasi kabel screen dan focus milik fly-back (asli) yg telah dilepas dari BlokRGB, karena sudah tidak difungsikan.
.
“Perhatian”
.
Periksa ulang langkah-langkah diatas sebelum mencoba meng-ON-kan monitor, karena penulis tidak bertanggung jawab atas kecelakaan fatal yg disebabkan kelalaian anda didalam mempraktekkan, diantaranya : • Apakah 2 kabel yang masuk ke dalam kop dari 2 fly-back sudah benar ?
pastikan sambungannya kokoh dan bila perlu diisolasi, kemudian masukkan kop dengan benar ke tabung CRT.
• Pastikan semua kaki-kaki flyback cangkok di short-kan (hubung-singkat) yang kemudian dihubungkan dg kabel ke Grounding monitor.
• Penggantian kabel screen dan focus pd Blok RGB dari flyback (asli) dengan milik flyback cangkok pastikan tidak tertukar, kemudian isolasi kabel screen dan focus milik flyback (asli) yg sudah tidak difungsikan untuk pengamanan.
• Pastikan kedudukan / posisi flyback cangkok pada posisi yg aman dan strategis(untuk dijangkau).Terakhir, ON-kan monitor berikut CPU, atur kecerahan dan focus gambar melalui potensiometer pada flyback hasil cangkok, untuk hal ini anda bisa melihat-lihat kembali artikel sebelumnya
Sumber: www.ilmukomputer.com

Entri ini dituliskan pada Juni 14, 2008 pada 4:06 am dan disimpan dalam Reparasi. yang berkaitan: blog, Elektronika, Reparasi, Tutorial. Anda bisa mengikuti setiap tanggapan atas artikel ini melalui RSS 2.0 pengumpan. Anda bisa tinggalkan tanggapan, atau lacak tautan dari situsmu sendiri.
10 Tanggapan ke “Perbaikan Monitor (2) : Cangkok Flyback”

0 comments: